January 28, 2023

Sejarah akuarium air tawar dan akuarium pada umumnya bervariasi tergantung dengan siapa Anda berbicara. Yang penting hari ini adalah bagaimana akuarium berevolusi dan menjadi apa mereka berevolusi. Juga, fakta bahwa akuarium memiliki sejarah, dan ini cukup menarik. Dari Mesopotamia kuno hingga Miami modern, akuarium telah terpisah dari kehidupan manusia dan telah ditulis oleh banyak orang yang karena satu hal, menyukai daya tarik hiburan mereka serta efek menenangkan yang dilaporkan pada raja dan ratu zaman kuno.

Banyak gambar kuno, ukiran dan gambar akuarium dari tempat-tempat di zaman kuno seperti Eqypt dan Sumeria menunjukkan kepada kita bahwa orang-orang masa lalu tahu keindahan tangki dan mereka juga ingin mempertahankan keindahan itu dan mewariskan rahasia makhluk-makhluk ini. Bangsa Romawi kuno juga diketahui telah memperdagangkan ikan hidup sebagai komoditas di agora (pasar) mereka.

Ikan Mas dan Ikan Koi

Di bagian lain dunia, seni pembiakan selektif dimulai di Cina sekitar 2.000 tahun yang lalu. Mereka dikenal menghasilkan ikan mas yang sekarang terkenal yang dikembangkan dari ikan mas biasa. Pada abad ke-18, ikan mas sebagai ikan hias sudah umum di Eropa dan kemudian menjadi populer di Amerika.

Koi hidup yang dibudidayakan – ikan yang akrab dengan warna merah, putih dan hitam, sudah menjadi barang komersial di rute perdagangan lama yang membentang di Cina, Jepang dan Eropa sekitar abad ke-16. Belakangan, reputasinya juga tumbuh dan menjadi sangat populer. Jauh kemudian, itu juga diekspor ke Eropa dan Amerika.

Awal yang Kasar

Pada awal abad ke-19, pemeliharaan akuarium dimulai. Inggris, Jerman, dan Prancis semua bersaing untuk menjadi yang teratas dalam pemasangan pameran akuarium publik. Itu tidak mendapat sambutan yang baik karena banyak yang terkejut karenanya.

Pada saat itu, pemahaman tentang berbagai peran kimia air, siklus nitrogen, filtrasi dan aerasi masih sangat minim. Ukuran tangki juga dibatasi oleh daya tahan bahan konstruksi saat itu.

Akuarium Pertama

Pada tahun 1850, Mr. Harrington menyatakan melalui makalah yang dia tulis untuk Chemical Society of London bahwa dia telah berhasil memelihara akuarium yang stabil. Memelihara ikan tiba-tiba menjadi hobi yang populer.

Tiga tahun kemudian, banyak Kebun Binatang dan peternakan mulai membuka akuarium umum pertama satu demi satu ketika mereka melihat jumlah pengunjung yang baik. Segera, akuarium umum ada di seluruh kota-kota besar Eropa yang dilindungi oleh pengunjung yang bersemangat tetapi tertarik.

Peralatan Rumah tangga

Tidak lama kemudian akuarium menjadi barang rumah tangga yang modis di Inggris Victoria. Anehnya, tidak ada tangki untuk dijual saat itu, meskipun ada berbagai buku dan manual cara lain yang sudah tersedia untuk membangun akuarium.

Tangki yang dibangun pertama lebih condong ke sisi ornamen daripada fungsional. Sebagian besar desain awal menampilkan bagian depan kaca dan tiga sisi kayu (Kadang-kadang dibuat dari batu tulis). Mereka dilapisi dengan pitch untuk membuatnya kedap air.

Dasar-dasar Tangki

Segera, masalah konstruksi ini diatasi sedikit demi sedikit. Ada terobosan nyata dengan pengembangan sealant silikon.

Sekarang menjadi mungkin untuk membuat akuarium kaca dalam semua ukuran dan bentuk. Rangka baja besar menjadi usang dan tangki sekarang dapat dipindahkan tanpa bahaya merusak segel.

Memahami Teknologi

Pada sekitar waktu ini, pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan penghuni tangki ikan mengarah pada penemuan pemanas dan termostat, seperti yang didalilkan oleh Mr. Humphreys. Dalam memelihara ikan, orang inilah yang akan menyebutkan pentingnya chemistry tangki terhadap keamanan ikan.

Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang kimia air dan hal-hal terkait lainnya, filtrasi dan pencahayaan segera diakui sebagai elemen penting tambahan untuk pemeliharaan total ikan di akuarium.

Akuarium Modern

Akuarium modern saat ini sebagian besar terbuat dari kaca. Saat ini, tangki lebih banyak dibuat dari akrilik daripada kaca karena tidak mudah pecah. Ini karena akrilik lentur dan dapat digunakan untuk membuat bentuk yang tidak biasa. (Akuarium akrilik sebagian besar digunakan di ruang pamer besar di gedung bisnis dan perkantoran saat ini.)

Saat ini, akuarium yang terbuat dari akrilik dianggap sebagai alternatif ringan dari yang terbuat dari kaca. Ini terutama benar sekarang karena produsen telah memproduksi plastik yang lebih keras dan tahan gores. Mungkin, mereka akan mengganti kaca yang berat di masa depan.

Teknologi yang Ditingkatkan

Juga, telah ada langkah panjang yang dibuat dalam peningkatan teknologi yang menyertainya terkait dengan pemeliharaan akuarium: antara lain: pemanasan, pencahayaan, filtrasi, dan aerasi.

Terlepas dari teknologi, sekarang ada pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan laut dan ekologi yang mendorong hobi menjadi seperti sekarang ini. Menggabungkan varietas akuarium air laut dan air tawar, hobi sederhana memelihara ikan hidup di dalam mangkuk telah menjadi hobi paling populer ke-2 di dunia. (Berkebun adalah nomor satu.)

Masa Depan Akuarium

Sekarang ada semakin banyak varietas ikan yang tersedia untuk dipelihara di akuarium dan ukuran serta bentuk tangki akuarium juga telah berevolusi.

Namun, menurut para ahli, masa depan hobi masih terfokus pada kemajuan selanjutnya dalam pemurnian air, nutrisi, pencahayaan dan hal-hal terkait lainnya. Pemuliaan ikan adalah praktik lama dan populer yang telah menjadi sangat populer di seluruh dunia dengan keturunan yang baik terus diciptakan. (Manipulasi genetik masih disukai.)

Ke arah mana pun hobi itu bergerak, para penghobi saat ini diingatkan bahwa mereka adalah bagian dari sejarah akuarium air tawar berusia seribu tahun saat mereka mengotak-atik akuarium dan memberi makan hewan peliharaan air mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *