January 28, 2023

Pipa tas berasal dari periode Celtic yang berbaris menuju konflik dengan suara terompet yang ditiup. Di pertempuran Flodden dikatakan, adalah salah satu penyebutan bagpipe paling awal, bahwa peniup seruling kota memainkan serulingnya. Sejak tahun 1700-an dan seterusnya, bagpipe lebih sering disebutkan. Pada awal abad ke-17, piper tidak diberi peran resmi di resimen – bahkan ketika peran piper dan pemain drum dan terompet diakui – terkadang piper terkadang terdaftar sebagai ‘drummer’ di rekaman militer mana pun. Pengakuan resmi pertama dari piper adalah pada tahun 1679, dan mereka memainkan bagian integral dari resimen yang sangat meningkatkan moral pasukan.

Setelah pertempuran Culloden, orang Jual Alat Drumband Hanover yang menang melarang bagpipe, pada saat yang sama pemakaian tartan selalu dilarang.

Memainkan pipa militer dipandang setara dengan semua peran anggota resimen lainnya – disorot dengan hukuman mati bagi seorang peniup seruling di resimen yang ditangkap selama pemberontakan 1745.

‘Resimen Dataran Tinggi tidak pernah berbaris tanpa peniup seruling… oleh karena itu bagpipe miliknya, di mata hukum, adalah alat perang’

Jadi musik apa yang dimainkan para piper militer – ada tiga jenis ‘pibrochs’ (lagu) – serta lagu-lagu untuk berbaris dan ratapan untuk dimainkan di pemakaman. Banyak dari pibroch terinspirasi oleh pertempuran terkenal khususnya Pemberontakan Jacobite. Karena itu, beberapa lagu dikaitkan dengan resimen tertentu.

Pada tahun 1840, popularitas pita pipa militer mendapat dorongan – antusiasme Ratu Victoria untuk semua hal di Dataran Tinggi berada di belakang keputusan Kantor Perang untuk menyediakan masing-masing Resimen Dataran Tinggi lima piper dan seorang Mayor Pipa. Band pipa tumbuh dalam reputasi baik di dalam maupun luar negeri sebagai citra positif Skotlandia. Sementara piper dilarang bermain di parit, banyak piper yang tidak mematuhi perintah ini dan banyak yang terbunuh bersama rekan-rekan mereka, dengan beberapa piper menerima Salib Victoria atas keberanian mereka. Piper militer juga hadir dalam konflik yang lebih baru termasuk perang Teluk. Saat ini, para piper di ketentaraan juga diharuskan mengambil peran sekunder di ketentaraan, seperti tenaga medis.

Saat ini pita pipa militer, juga disebut sebagai ‘pipa dan drum’ telah digunakan dan umum di luar militer dan ribuan pita pipa sipil bermunculan di seluruh dunia.

Kemahiran pita pipa biasanya diukur dalam nilai dari 1-4. Dengan grade 1 level tertinggi dan grade 4 level paling dasar atau training. Band Pipa Tradisional terdiri dari bagian piper, bagian drumer snare, beberapa drumer tenor dan satu drummer bass.

Negara-negara yang memiliki hubungan budaya yang kuat dengan Skotlandia seperti Amerika, Kanada, dan Australia juga memiliki ribuan band pipa yang merayakan warisan Celtic bersama mereka.

Pada Kejuaraan Band Pipa Dunia tahunan band pipa dari seluruh dunia berkumpul untuk tampil. The Edinburgh Tattoo juga merupakan perlengkapan utama untuk band pipa – band militer dari seluruh dunia bermain bersama untuk menciptakan suara dan tontonan yang luar biasa.

Bagian penting dari bermain di band pipa adalah pakaian khusus cacing, ini memungkinkan anggota untuk merasakan bagian dari Warisan Skotlandia dan tampilan seragam yang mengesankan menambah tontonan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *