Wed. Sep 28th, 2022

Bitcoin adalah cryptocurrency dengan popularitas yang meningkat pesat yang mengalami beberapa perubahan liar dalam harganya di sepanjang jalan. Ini adalah perjalanan roller coaster, terutama dalam beberapa tahun terakhir, dan banyak pedagang telah terjun ke bitcoin, dengan beberapa yang menghasilkan jutaan.

Jika Anda mempertimbangkan versi uang digital terdesentralisasi ini, Anda memiliki beberapa cara berbeda untuk membeli bitcoin. Anda dapat membelinya secara langsung atau tidak langsung dari beberapa broker tradisional, serta beberapa pemula baru. Faktanya, membeli bitcoin lebih mudah dari sebelumnya, dan Anda mungkin dapat melakukannya dengan komisi yang lebih rendah dari sebelumnya juga.

Berikut adalah lima cara untuk membeli bitcoin dan beberapa faktor utama yang perlu Anda perhatikan.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah salah satu jenis mata uang digital atau cryptocurrency, cara untuk membayar hal-hal yang hanya ada secara virtual. Mata uang ini memulai debutnya pada tahun 2009 dan benar-benar masuk ke kesadaran arus utama pada tahun 2017 dengan kenaikan pesat tahun itu. Koin dibuat, atau “ditambang”, ketika komputer yang mengatur proses mata uang dan melegitimasi transaksi dalam mata uang.

Bitcoin menggunakan jaringan komputer terdesentralisasi untuk mengelola semuanya — buku besar terdistribusi yang disebut blockchain yang melacak transaksi dalam mata uang. Ini seperti catatan publik yang sangat besar dari setiap transaksi yang terjadi dalam mata uang. Dan jaringan memantau semuanya, memastikan integritas mata uang dan kepemilikan bitcoin, untuk lebih lengkapnya di berita kripto hari ini.

5 cara untuk membeli bitcoin

Jika Anda ingin berdagang Bitcoin, kabar baiknya adalah Anda sekarang memiliki beberapa opsi. Anda bahkan mungkin tidak perlu membuka akun terpisah dan khusus untuk melakukannya, karena banyak broker besar menawarkan cara untuk membelinya. ( Berikut adalah beberapa pialang teratas untuk perdagangan mata uang kripto). Plus, beberapa pemain tak terduga – PayPal dan Aplikasi Tunai misalnya – sekarang memungkinkan penduduk AS untuk membeli, menjual, dan menahan Bitcoin juga.

Setiap metode di bawah ini menawarkan kombinasi biaya, keamanan, dan potensi keuntungan dan kerugian yang berbeda.

Aplikasi keuangan

Banyak aplikasi keuangan seperti PayPal dan Venmo sekarang memungkinkan Anda untuk memperdagangkan mata uang kripto.

PayPal membuatnya sangat mudah untuk membeli atau menjual bitcoin secara langsung menggunakan aplikasi yang sama yang telah Anda percayai dengan pembayaran online Anda. Anda akan membayar $0,50 untuk perdagangan yang melibatkan kurang dari $5, dan biaya naik dari sana. Perdagangan yang melibatkan $200 – $1.000 berharga 1,8 persen, sedangkan yang di atas $1.000 masuk dengan harga 1,5 persen. Ada markup spread pada perdagangan, tetapi Anda tidak akan membayar biaya untuk menyimpan mata uang kripto di akun Anda, dan Anda dapat berdagang sedikitnya $1 setiap kali. Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash juga dapat diperdagangkan di sini.

Venmo membebankan biaya yang sama, karena dimiliki oleh PayPal.

Pertukaran kripto

Pertukaran Crypto adalah opsi populer lainnya bagi mereka yang ingin membeli Bitcoin. Pertukaran menawarkan beberapa keuntungan utama bagi para pedagang. Pertama, pertukaran crypto terbaik menawarkan biaya all-in serendah mungkin untuk perdagangan cryptocurrency. Jadi mereka adalah pilihan terbaik Anda jika biaya adalah tujuan utama Anda. Kedua, banyak bursa tidak membebankan spread mark-up, yang merupakan biaya tersembunyi yang dimasukkan ke dalam harga perdagangan. Ketiga, banyak bursa menawarkan dompet, memungkinkan Anda untuk menyimpan cryptocurrency Anda dengan aman.

Biaya di berbagai bursa kripto dapat sangat berbeda, jadi ada baiknya melihat-lihat untuk menemukan yang menawarkan kombinasi harga, pilihan kripto, dan layanan terbaik. Pilihan populer termasuk Coinbase, Binance, Crypto.com dan Kraken.

Aplikasi perdagangan

Anda dapat mengambil beberapa bitcoin tanpa komisi langsung dengan menggunakan aplikasi perdagangan seperti Webull atau Robinhood, meskipun pada akhirnya Anda akan menebusnya dengan markup spread.

Robinhood mengambil trik terbaiknya – tanpa komisi – dan menerapkannya pada cryptocurrency, tetapi ia membebankan markup spread, biaya pasti yang tidak diungkapkannya. Anda akan dapat membeli bitcoin secara langsung, dan juga akan memiliki akses ke mata uang digital lainnya, sebuah fitur yang tidak ditawarkan oleh broker lain di sini. Tentu saja, Anda dapat membeli saham, ETF, dan opsi saat Anda menggunakan platform yang mudah digunakan. Baca lebih lanjut tentang Robinhood.

Webull memungkinkan Anda berdagang lebih dari 25 kripto, termasuk Bitcoin. Namun, Anda akan membayar markup spread sebesar 1 persen pada setiap transaksi. Anda juga dapat memperdagangkan saham, ETF, dan opsi. Baca selengkapnya di Webbul.

Pialang tradisional

Beberapa broker tradisional juga berkelana ke arena cryptocurrency, termasuk Interactive Brokers dan TradeStation.

Di Interactive Brokers, Anda dapat membeli kontrak berjangka dengan Bitcoin serta memperdagangkan koin secara langsung. Pialang mengenakan biaya $10,02 per kontrak berjangka, yang memberi Anda eksposur ke lima bitcoin. Jika Anda ingin memperdagangkan Bitcoin secara langsung, Anda akan membayar komisi kompetitif sebesar 0,12-0,18 persen dari nilai perdagangan Anda, tergantung pada volume bulanan Anda. Anda juga akan memiliki akses ke Ethereum, Bitcoin Cash, dan Litecoin. Pialang Interaktif menyediakan berbagai macam sekuritas yang dapat diperdagangkan lainnya, memberi Anda akses ke sekuritas di seluruh dunia. Baca lebih lanjut tentang Pialang Interaktif.

ATM Bitcoin

Pilihan lainnya adalah membeli bitcoin secara langsung melalui ATM Bitcoin, meskipun Anda cenderung membayar komisi lebih banyak daripada di tempat lain. Anda akan dapat membeli bitcoin dan beberapa ATM memungkinkan Anda untuk menjualnya juga, menggunakan uang tunai atau kartu debit. Tetapi Anda mungkin memerlukan dompet Bitcoin untuk melakukan transaksi. Komisi bisa mahal, dengan beberapa ATM membebankan biaya sekitar 7 persen per transaksi, sementara biaya di ATM lain bisa mencapai remaja.

Membeli Bitcoin: Inilah yang harus diperhatikan

Saat Anda mempertimbangkan cara membeli Bitcoin, Anda sebaiknya mengevaluasi faktor-faktor berikut, karena faktor-faktor tersebut akan memengaruhi pilihan Anda tentang tempat membelinya atau apakah pada akhirnya akan menghindarinya sama sekali.

  • Kepemilikan. Apa yang sebenarnya ingin Anda miliki? Anda dapat memiliki Bitcoin secara langsung atau turunannya seperti kontrak berjangka, yang menawarkan pengembalian atas pergerakan mata uang.
  • Sisi atas/bawah. Potensi keuntungan Anda terkait langsung dengan apakah Anda memiliki mata uang secara langsung atau melalui kontrak berjangka. Dengan memiliki Bitcoin secara langsung, keuntungan Anda meningkat satu dolar dengan setiap kenaikan dolar dalam mata uang. Sebaliknya, dengan futures Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Namun, kerugian Anda lebih terbatas dengan memiliki secara langsung, sementara Anda bisa kehilangan lebih banyak uang dengan futures.
  • Biaya. Komisi dapat sangat bervariasi tergantung pada cara Anda membeli Bitcoin. Kontrak berjangka memberi Anda bagian besar dari tindakan yang relatif murah, sementara beberapa pialang mungkin membebankan Anda beberapa persen untuk membeli secara langsung. Beberapa persen mungkin kedengarannya tidak banyak, tetapi jika Anda berdagang di dalam dan di luar pasar, itu akan dengan cepat menggerogoti keuntungan Anda.
  • Keamanan. Salah satu kekhawatiran terbesar dengan investasi apa pun adalah memastikan bahwa itu aman. Beberapa pemain cryptocurrency baru memiliki masalah serius dengan keamanan. Misalnya, Binance, pertukaran mata uang kripto profil tinggi diretas untuk ribuan bitcoin pada tahun 2019. Lebih banyak broker tradisional mungkin menawarkan keamanan yang lebih baik karena mereka telah menangani masalah ini lebih lama.

Anda juga dapat menerima bitcoin sebagai bagian dari transaksi komersial. Terlepas dari bagaimana Anda mendapatkan koin Anda, setiap transaksi dalam cryptocurrency dilaporkan ke IRS pada waktu pajak.

Informasi apa yang diperlukan untuk membeli Bitcoin?

Saat Anda membuka akun di pialang tradisional atau pertukaran kripto, Anda harus memberikan informasi pribadi dasar. Tentu saja, Anda harus memberikan nama Anda, tetapi perusahaan juga akan memerlukan data lain seperti nomor Jaminan Sosial Anda, alamat Anda, nomor telepon Anda, dan nomor rekening bank Anda. Anda mungkin juga harus merinci berapa banyak pengalaman perdagangan yang Anda miliki dan seberapa nyaman Anda dengan perdagangan, tergantung pada institusinya.

Informasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi Anda dan memverifikasi siapa Anda. Ini juga penting selama waktu pajak ketika broker atau bursa menyiapkan dokumen tentang keuntungan dan kerugian Anda, melaporkan bahwa Anda harus mengajukan pajak Anda secara akurat.

Apakah Bitcoin merupakan lindung nilai yang efektif terhadap inflasi?

Beberapa orang berpikir Bitcoin mungkin merupakan cara yang efektif untuk melindungi diri Anda dari inflasi, atau yang disebut lindung nilai inflasi. Lindung nilai adalah jenis investasi yang mengimbangi, sebagian atau seluruhnya, penurunan aset lain. Jadi, lindung nilai inflasi akan melindungi Anda dari inflasi dalam beberapa cara.

Ada sedikit bukti untuk mendukung pernyataan bahwa Bitcoin bertindak sebagai lindung nilai inflasi, kata para ahli. Bitcoin belum ada cukup lama untuk melewati periode inflasi besar.

Dan itu juga bukan lindung nilai yang efektif terhadap volatilitas pasar saham. Para ahli mengatakan bahwa Bitcoin bertindak lebih seperti saham teknologi atau saham momentum yang berisiko, yang berarti bahwa ia naik ketika saham-saham ini naik dan turun ketika jatuh. Itu bukan jenis hal yang Anda inginkan dari lindung nilai, yang harus melakukan kebalikan dari aset yang dilindung nilai, zigging ketika pasar zags.

Di mana tempat terbaik untuk menyimpan bitcoin?

Tempat terbaik untuk menyimpan bitcoin Anda tergantung pada tujuan Anda menggunakannya. Misalnya, jika Anda berencana untuk memperdagangkannya, mungkin yang terbaik adalah menyimpannya di bursa kripto atau broker tempat Anda melakukan perdagangan, terutama jika Anda sering berdagang atau dalam waktu dekat.

Orang lain mungkin memilih dompet kripto, jika mereka berencana membelanjakan mata uang kripto atau bahkan hanya menguncinya untuk diamankan. Dompet kripto dapat menyimpan dan mengamankan mata uang kripto Anda, meskipun jika Anda mengambil alih aset Anda, maka itu adalah tanggung jawab penuh Anda, dan Anda bisa kehilangan mata uang kripto jika tidak hati-hati.

Dua opsi populer untuk kelompok terakhir ini termasuk dompet panas dan dompet dingin.

dompet panas

Dompet panas memungkinkan cryptocurrency Anda digunakan atau dipindahkan dengan mudah. Karena koin Anda diamankan oleh perangkat lunak daripada perangkat keras dan masih terhubung ke internet, koin tersebut kurang aman dibandingkan dompet dingin. Tetapi jika Anda menggunakan dompet karena Anda berniat menggunakan cryptocurrency, masuk akal untuk menggunakan dompet panas. Dompet panas datang dalam beberapa varietas:

  • Dompet desktop: Anda dapat mengunduh perangkat lunak dompet ke komputer Anda dan mengelola kepemilikan kripto Anda dari sana. Setelah selesai bertransaksi, Anda bahkan dapat membuatnya offline, meningkatkan keamanan Anda.
  • Dompet web: Plug-in browser ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke blockchain dan melakukan transaksi dengan cepat, tetapi koneksi internet membuatnya kurang aman.
  • Dompet seluler: Anda dapat menggunakan perangkat lunak pada perangkat seluler jika Anda menggunakan kripto untuk membayar atau bertransaksi.

Beberapa penyedia dompet panas juga menawarkan beberapa jenis dompet perangkat keras, sehingga Anda dapat menggunakan satu jenis perangkat lunak di beberapa perangkat.

dompet dingin

Dompet dingin lebih berharga jika Anda benar-benar ingin mengunci mata uang kripto Anda dan membuatnya hampir kebal. Dompet dingin mengandalkan perangkat keras, perangkat fisik, untuk mengamankan kepemilikan Anda, dan sepertinya USB thumb drive. Ini dapat diputuskan dari internet, membuat kepemilikan Anda sangat aman. Ketika Anda siap untuk bertransaksi, Anda dapat memasangnya dan melakukan bisnis.

Meskipun lebih aman daripada dompet panas, dompet dingin memiliki potensi risiko lain, termasuk pencurian perangkat, kehilangan dompet, dan bahkan kehilangan kata sandi. Jadi bahkan dompet dingin pun tidak mudah.

Intinya

Jika Anda ingin membeli Bitcoin atau mata uang digital lainnya sebagai investasi, penting untuk meminimalkan biaya. Mengingat kebaruan pasar crypto, banyak pialang ingin memaksimalkan komisi mereka (berbeda dengan pasar saham di mana biaya perdagangan menjadi nol). Biaya tersebut memakan keuntungan Anda, jadi carilah cara untuk meminimalkan biaya gesekan tersebut.

Meskipun harga Bitcoin telah melonjak tinggi dengan cepat, ia masih membawa risiko serius yang membuatnya tidak cocok untuk semua orang. Mereka yang mencari investasi konservatif atau yang tidak mampu kehilangan uang harus mempertimbangkan untuk menghindari Bitcoin atau berdagang hanya dengan jumlah yang bersedia mereka hilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.